InfoReview

Memulai Perjalanan Menjadi Seorang Blogger

Untuk download aplikasinya klik di bawah ini!

auqri.my.id – Tahun 2016 yang lalu merupakan sebuah awal dimana andrie memulai perjalanannya menjadi seorang blogger. Pada waktu itu untuk menulis satu artikel saja rasanya sangat berat sekali, apalagi harus membuat sebuah tulisan yang bisa dipahami oleh orang lain, dan mereka pun bisa terbantu dengan tulisan yang saya buat.

Akhirnya saya pun bertemu dengan seorang blogger, dan Ia pun berbagi terkait pengalamannya dalam mengelola blog agar pengunjung mau datang dan membaca artikel yang kita tulis. Tidak hanya itu saja saya pun diajak untuk ikut bergabung ke berbagai komunitas blogger, serta belajar dari teman-teman yang sudah lebih dulu menulis artikel di blognya.

Sebagai seorang introvert dan keputusan saya memilih menjadi penulis blog mungkin sudah menjadi jalan yang Tuhan berikan. Jika saya tidak mencoba dulu, mungkin saya tidak akan pernah bisa mendapatkan pengalaman serta hal-hal yang sangat berharga seperti ini. 

Manfaat Menulis Blog dan Menjadi Seorang Blogger

Memulai Perjalanan Menjadi Seorang Blogger

1. Mendapatkan teman baru dengan hobi yang sama

Sejak saya memulai perjalanan menjadi seorang blogger dan mulai menulis artikel di blog, saya mendapatkan banyak sekali teman baru dari berbagai daerah. Mulai dari teman-teman blogger di pulau sumatera, jawa, kalimantan, sulawesi, bali, bahkan sampai ke papua juga ada. Rasanya pertemanan kita itu tidak ada batasnya, walaupun jika dilihat dari jarak itu terpisah ribuan kilo meter.  

Tapi dengan adanya teknologi pada saat itu, kami bisa berkomunikasi dengan baik melalui media sosial ataupun internet. Bahkan kami pun saling mengunjungi antar blog satu sama lain, dan dari situ pula banyak sekali feedback atau masukan yang mereka berikan terkait blog yang saya kembangkan. 

2. Mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman baru

Saya tidak pernah menyangka bahwa menjadi seorang blogger itu bisa seperti ini, banyak sekali pengetahuan yang saya dapatkan baik itu dari artikel yang saya baca di blog teman-teman blogger atau pengalaman-pengalaman serta feedback yang mereka berikan terhadap blog serta diri saya sendiri. 

Ternyata berbagi pengalaman itu sangat menyenangkan sekali, apalagi pengalaman yang kita bagikan bisa memberikan manfaat kepada orang lain dan mereka pun bisa terbantu dari apa yang pernah kita lakukan. Sejak saat itulah artikel yang saya tulis dari awal hingga saat ini ialah tulisan dari pengalaman saya sendiri dan saya bagikan lewat tulisan di blog saya. 

3. Mendapatkan penghasilan tambahan 

Pada saat itu saya belum mengenal google adsense, saya mendapatkan penghasilan tambahan itu dari content placement atau endorse brand-brand. Saya menulis dan review brand mereka dengan gaya tulisan saya sendiri lalu memberikan backlink ke produk yang mereka tawarkan. 

Lalu saya juga pernah mengikuti berbagai kompetisi menulis blog dan berhasil memenangkan juara 1,2,3. Hadiah yang saya dapatkan sangat beragam, mulai dari produk brand, merchandise, e-money, dan uang tunai jutaan hingga belasan juta rupiah.

Dari bekal pengalaman saya menjadi seorang penulis blog dan desain konten yang pas-pas an untuk kebutuhan lomba, akhirnya saya mencoba hal baru lagi yaitu membuka jasa menulis artikel dan desain konten media sosial, organisasi, atau percetakan seperti brosur, flyer, banner, serta poster. 

Hal-hal baru yang saya geluti ini pun sering sekali saya jadikan konten artikel, mulai dari tools-tools yang digunakan untuk desain produk, lalu cara membuat poster lewat hp dengan mudah, atau cara konsisten menulis artikel disaat tidak ada ide, dan lain sebagainya. 

Untuk download aplikasinya klik di bawah ini!

Jadi apapun saya manfaatkan dengan baik, dan jika ada peluang pasti selalu saya ambil. Soal itu akan gagal nantinya tidak masalah, yang penting saya tidak pernah menyesal saya pernah mencobanya. 

Memulai Perjalanan Menjadi Seorang Blogger

Hal-hal seperti ini mungkin tidak akan lepas dari pengaruhnya penggunaan teknologi, dengan adanya teknologi semua hal bisa dilakukan dengan mudah. Mulai dari teman yang jauh disana bisa terasa dekat dengan berkomunikasi lewat media sosial, lalu mudahnya mendapatkan informasi terbaru dan terupdate lewat internet. 

Dari situ pula kita bisa membuka sebuah usaha sendiri baik itu secara offline ataupun online, soal stok barang tidak perlu khawatir lagi karena sudah banyak sekali e-commerce ataupun aplikasi yang dapat membantu kita dalam memenuhi setiap kebutuhan. Dari kitapun hanya tinggal pesan, lalu bayar, dan menunggu pesanan kita sampai dirumah tanpa harus keluar rumah.

Saya sebenarnya sangat senang dan bangga sekali bisa hidup di jaman yang serba digital seperti ini, saya bisa mendapatkan info terbaru dan terupdate, saya bisa tau berbagai aplikasi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan saya untuk ngeblog ataupun bisnis offline yang saya jalankan dengan orang tua saya saat ini. 

***

Nah itulah awal perjalanan saya menjadi seorang blogger dari tahun 2016 hingga saat ini, banyak sekali hal yang saya lalui. Banyak pula pelajaran serta pengalaman yang saya dapatkan baik dari tulisan di blog ataupun orang-orang didalam komunitas blog. 

Ada saatnya kita menulis blog, ada saatnya pula melebarkan peluang di hal lain, dan ada saatnya lagi untuk membuka usaha sendiri. Semua itu saya lakukan secara bertahap dari tahun ke tahun. Mungkin kalau saya tidak memutuskan menjadi seorang blogger pada saat itu, mungkin juga saya tidak bisa seperti sekarang ini. 

Untuk download aplikasinya klik di bawah ini!

Happy blogging teman-teman!

Originally posted 2021-12-15 11:00:00.

Related Articles

26 Comments

  1. Selamat melebarkan sayap, eh usaha, Mas Andrie. Semoga usahanya lancar. Bagi saya mungkin tiada peluang untuk berkembang, memngingat usia sudah senja. He he … Selamat malam. Terima kasih telah berbagi pengalaman.

  2. keren juga perjalanan ngeblognya, kalo aku belum bisa nih mendapatkan penghasilan dari adsense.. ya masaa udah 3 tahun masih aja 100 rebooo itu adsenseee.. wkwkwk.. gak bakat! dan gak tau triknya.. wekekek.. jadilah mengandalkan kerja sama klien aja, sama job2 vira, sosiago, dll. 😀

  3. Senangnyaaa bisa ketemu dan kenal Andrie di dunia maya, kalau seorang introvert saja bisa berhasil, bisa mempromosikan diri melalui blog, waaah memang sedahsyat itu ya pengaruh dari menulis dan berbagi!

    semoga semakin konsisten yaaa semakin sukses juga di gunia blogging

  4. 2016 ya? Wah samaan dong mas Andrie. Saya juga mulai kecemplung di dunia blog di akhir 2016. Ya walaupun nggak yang konsisten amat juga. Blognya pun sempat gonta-ganti sampai akhirnya menggunakan prim.my.id yang sekarang ini.

    Semakin dijalani, semakin menyenangkan ya dunia blogging ini. Banyak yang didapat, banyak pula yang bisa dibagi.

  5. Konsisten menulis dan mendatangkan kunjungan ke blog ini yang masih sulit dilakukan. Terlihat dari adsense yang segitu-segitu saja. Hehe
    Semoga tahun 2022 ini bisa lebih konsisten dan melebarkan peluang. Kalau dengar keberhasilan para blogger begini jadi semangat nulis lagi 🙂

  6. Tetap konsisten ya mas, dalam menulis tulisan di blog. Saya mulai ngeblog awal 2013 itu karena tugas kuliah yang mengharuskan memiliki blog.

    Jaman sekarang dunia digital memang menjadi peluang yang cukup prospektif untuk menghasilkan uang, termasuk blog. Ya semoga saja di tahun 2022 semakin banyak rejeki yang bisa didapatkan dari ngeblog. Aamiin.

  7. Wah dari 2016 ya mas. Akupun baru serius ngeblog 2 tahun terakhir ini, ternyata banyak sekali pengalaman dan kesempatan yang tersebar di dunia blog. Tetap semangat dan semoga jadi blogger yang berkah ya

  8. bener banget mas, saat awal-awal jadi blogger rasanya berat banget mau nulis, karena sering banget kepikiran tentang tulisan sendiri, karena takutnya tulisan saya jelek dan susah dicerna kata-katanya.

    tapi untungnya temen-temen saya sangat menyukai tulisan saya. walaupun saya tau itu cuma basa-basi (mungkin beberapa ada yg jujur) tapi itu menjadi motivasi buat saya untuk terus melangkah maju.

  9. Menyenangkan ya Mas menjadi blogger 🙂 Semoga ke depan nanti makin maju, konten di blog makin bagus, dan tentunyaaa… makin menghasilkan juga. Hehe… aku mah tim realistis yang menulis untuk mendapatkan penghasilan 🙂

  10. Selamat, Mas Andri, atas pencapain sebagai bloger. Saya mulai lebih awal tahun 2012 tapi belum bisa memetik keuntungan AdSense seperti Anda. Semoga tahun baru tambah cetar ya, makin banyak job dan penghasilan dan terutama bertambah teman dan pengalaman baru.

  11. Wah keren, sudah dari 2016 jadi bloggernya ya mas
    KLO AQ baru mulai ngeblog secara profesional pada tahun 2018
    Jadi blogger memang penuh suka dan duka
    Tapi cukup menyenangkan ya mas

  12. saya mulai ngeblog tahun 2015 kak, dan harus saya akui banyak banget hal positif yang saya dapatkan setelah menjadi seorang blogger mulai dari yang bersifat materi hingga hal yang gak bisa dinilai dengan uang

  13. Aku juga introvert yang sejak bergabung dalam komunitas, menjadi pede. Tapi kalo ngomong di muka umum tetep aja kurang pede. Setuju dengan menjadi blogger membuka banyak peluang. Enggak hanya mendapatkan penghasilan dari blogging, tapi juga merambah jualan online kalo bertemu komunitas jualan buku atau novel. Bahkan masih bisa nambah penghasilan dengan jalan lain. Dan semua itu berkat dari kemajuan teknologi

  14. Menjadi blogger yang aku rasakan sangat mewarnai hidupku yang tadinya cuma mengurus rumah tangga aja. Kini, bisa berbagi hal yang disukai bersama sesama sahabat blogger itu sangat menyenangkan.

    semangat yaa, kak..
    Sama-sama di line 2016 nih…mengawali menulis di blog.

  15. kalau saya juga baru mulai menjadikan blog sebagai salah satu sumber pendapatan sekitar tahun 2016 mas. alhamdulillah sekarang dunia blog memang cukup menjanjika ya, mas

  16. Waah lumayan lama juga ya mas jadi blogger. Kalo saya sendiri baru beberapa tahun ini mas. Nah iya, asiknya jd blogger itu nisa nambah temen dan dpt penghasilan dari hobi.

  17. Ngeblog memang bisa mengawali berbagai langkah kita lainnya yang kadang tadinya tidak terpikirkan yaa… Bertemu dengan banyak bloger lainnya, meskipun hanya di dunia maya, bisa menambah wawasan loh. Kadang kita ga kepikiran ada suatu pekerjaan yg bisa dilakukan dengan teknologi digital. Berkat banyak bergaul dengan bloger lainnya dan banyak membaca artikel2 yang ditulis teman-teman tersebut, pengetahuan kita pun makin luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button